Ulasan 1 - Process Scheduling



Pada ulasan pertama ini, saya akan membahas video tentang proses scheduling yang dilakukan oleh operating system, video ini berjudul "Process scheduling", dan berdurasi 5:26(5 menit 26 detaik) dan diupload oleh channel "Kevin Drumm", dipublikasikan pada tanggal 16 Januari 2015, saat ini sudah dilihat/ditonton sebanyak 8.496 views.

Process scheduling mempunyai 2 blok queue, yaitu ready queue dan blocked queue. Ready queue merupakan antrian proses di dalam operating system yang siap dipindahkan ke running state, sedangkan blocked queue menyimpan antrian proses yang membutuhkan control input-output dari devices. Pada process scheduling, operating system mempunyai 2 level scheduling proses, yaitu High Level Scheduler (HLS) & Low level Scheduler (LLS), HLS berperan untuk memasukan antrian proses ataupun proses baru ke dalam antrian, dan LLS berperan memindahkan proses dari antrian ke running state, ataupun memindahkan proses yang menunggu (waiting) ke blocked queue.

Pembahasan pada video, sudah menjelaskan dan menggambarkan bagaiman proses scheduling yang terjadi di dalam operating system, informasi yang ditampilkan berupa animasi yang bisa memberikan informasi yang lebih detail dan mudah dipahami tentang alur dari proses scheduling yang terjadi di dalam operating system. Video ini sangat direkomendasikan untuk pembelajaran lebih detail tentang proses scheduling.




Gi
thub Account : kamal1085
URL Ulasan : http://oskamal.blogspot.com/2017/05/ulasan-1-process-scheduling.html
URL Video :  http://youtu.be/THqcAa1bbFU
Video Author : Kevin Drumm
Pemetaan : week06
Revisi Pertama : 19 Mei 2017
Revisi Terakhir : 20 Mei 2017

Komentar